Sunday, February 18, 2024

Harga Anak-panah Jemparingan di Jogja

Harga jemparingan khususnya anak-panah jemparingan di Jogja lumayan beragam. Dari yang harga normal = Rp.200ribu (1/2 lusin) sampai yang engkel kualitas super = Rp.300 ribu  (1/2 lusin) juga ada. 


Jemparingan adalah permainan panahan tradisional yang berasal dari Kasultanan Yogyakarta. Alat yang digunakan cukup sederhana, hanya busur, anak-panah, dan target panahan berbentuk silinder yang biasa disebut : wong-wongan.

PEMULA atau PROFESIONAL?

Berikut ini beberapa pertimbangan saat mencari harga anak-panah jemparingan yang tepat bagi kita / putra-putri kita sebagai berikut :

  • Cari anak-panah yang berkualitas
  • Cari yang MURAH 
  • Cari anak-panah yang relatif murah namun berkualitas


Yuk, kita ulas satu per satu :

1. Cari anak-panah jemparingan yang BERKUALITAS

Biasanya yang memiliki pertimbangan seperti ini adalah golongan yang secara finansial MAMPU / berlebih.

Pertimbangan ini didasarkan pada FAKTA : kalau belajar menggunakan alat yang sudah bagus / standar, maka kita LEBIH CEPAT menguasai jemparingan. Dan ini BETUL SEKALI !

Anak panah yg berkualitas bukan hanya kelurusan & panjang bilah bambunya yang sama, namun beratnya pun saat ditimbang relatif sama. Dikerjakan secara manual (diserut dg pisau, bukan mesin dowel) sehingga serat bambu relatif utuh / tidak terputus yang mengakibatkan kekuataan optimal.

Saat dipanahkan pun, biasanya relatif lebih MUDAH / CEPAT grouping (hasil tembakan bisa berkelompok / ngumpul).

2. Cari anak-panah jemparingan yang MURAH

Biasanya ini jadi pertimbangan PENTING bagi orang tua yang memiliki anak-anak yang masih kecil. Seringkali kendalanya BUKAN tidak-mampu membelikan anak-panah jemparingan yang mahal, tapi lebih karena kesadaran : belum ketahuan si anak akan lanjut jadi hobby jemparingan, atau (malahan) lekas bosan dan pengin dibelikan alat permainan yang lain. 

3. Cari anak-panah jemparingan yang MURAH BERKUALITAS

NAH, kalau ini sepertinya dambaan SEMUA orang : dapat anak-panah dengan harga MURAH, tapi kualiasmya juga tok-cer.

Di toko jemparingan Jogja, kami menyediakan anak-panah untuk jemparingan buatan Mpu / ahli, namun dengan harga relatif MURAH. Cocok untuk pemula maupun yang sudah sering ikut lomba / latber.

Kualtas bambu untuk batang anak-panah relatif lumayan, dikerjakan oleh ahli, sehingga menghasilkan anak-panah dengan kelurusan yang lumayan tinggi. 

Toko Jemparingan jogja buka stand di Candi Banyunibo







toko jemparingan jogja


Panahan tradisional PERPANI 1977